Gunung Anak Krakatau Masih Aktif, Presiden Meminta Warga Sekitar Tetap Waspada

0
250

Banten,lpkan- Kondisi Gunung Anak Krakatau diperkirakan masih aktif dan berstatus Waspada (Level II), oleh karena itu Presiden RI Joko Widodo meminta warga sekitar agar tetap berhati-hati.

Hal tersebut diungkapkan Presiden saat memantau penanggulangan pascabencana tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Jokowi melakukan pemantauan tsunami Selat Sunda dengan mengunjungi sejumlah lokasi, bertemu korban dan para pengungsi. Jokowi sendiri baru tiba di Pandeglang, Banten pukul 09.30 WIB dengan menggunakan helikopter TNI Angkatan Udara. Ia lalu menuju hotel Mutiara dan Villa Stefani Carita. 

Jokowi melanjutkan pemantau ke posko pengungsian. Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Pandeglang. Di rumah sakit ini banyak dirawat korban luka-luka akibat tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12) malam .

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan status Gunung Anak Krakatau pada Senin dini hari berada pada Waspada (Level II) dengan rekomendasi masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekat dalam radius dua kilometer dari kawah.

Selama periode pengamatan 23 Desember 2018, pukul 00.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, visual gunung terlihat jelas hingga kabut dengan skala 0-III. Gunung Anak Krakatau juga mengalami kegempaan tremor atau getaran terus dengan amplitudo 10-58, dominan 25 mm.

Diduga akibat erupsi gunung api di dalam laut ini pada Sabtu (22/12) malam menjadi pemicu tsunami di Selat Sunda karena material yang berguguran ke laut.(ikp/*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here