Pemkot Surabaya Cari Cara Sehatkan Kinerja RPH

0
260

Surabaya,lpkannews-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus fokus dan memperhatikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khususnya Perusahaan Rumah Potong Hewan (PD RPH) yang berlokasi di Jalan Pegirikan, Surabaya.

PD RPH selama ini fokus melayani pemotongan hewan, terutama sapi. Namun laba yang dikumpulkan setahun berkisar Rp 23 juta. Setoran deviden tersebut sulit dijalankan PD RPH. Oleh sebab itu Pemkot Surabaya melalui Wakil Walikota (Wawali) Surabaya Whisnu Sakti Buana bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) mencari terobosan penyehatan Badan Usaha Milik Daerah tersebut.

Sebagai Wawali Pemkot Surabaya, Whisnu berkewajiban ambil bagian memikirkan kelangsungan BUMD dibawah naungan  lembaga eksekutifnya. Diversifikasi usaha sudah dijalankan PD RPH, yakni membuka Rumah Daging dengan menyediakan daging untuk stick, pentol, daging burger dan lainnya. Upaya tersebut tidak banyak membantu keuangan.

“Kami sudah pikirkan cara untuk membantu menyehatkan PD RPH. Salah satunya, Pemkot akan menggandeng semua hotel, restoran dan kafe di Surabaya, Kami data berapa kebutuhan daging dalam seharinya. Nah, kebutuhan daging ini akan dipasok PD RPH,” ujar   Whisnu, Rabu (19/12/2018).

Diharapannya dengan solusi tersebut PD RPH akan memotong sapi dalam jumlah besar guna mencukupi kebutuhan hotel, restoran serta kafe di wilayah kota. Ini berimbas positif pada pertambahan nilai retribusi pemotongan. Bukan itu saja, PD RPH ke depan diharapkan mampu melakukan diversifikasi usaha bidang perternakan.

Lahan perternakan, PD RPH bisa memanfaatkan lahan asset pemerintah kota yang ada di luar kota. Harapannya, PD RPH bisa melayani penyediaan benih sapi berkualitas serta mmenerapan  pasokan daging ke hotel, restoran dan kafe se Surabaya. “Penerapan ini tidak monopoli. Ini bagian upaya menyehatkan BUMD, khususnya PD RPH. Terus, dengan daging dari BUMD, pengusaha hotel, restoran, serta kafe bisa mendapatkan harga lebih murah. System pembayaran juga bisa disepakati, bisa tempo,” tutur Whisnu.(erw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here